1 Kg berapa Liter (Kilogram Ke Liter) ?

1 Kg berapa Liter (Kilogram Ke Liter) ? – Hitung-menghitung adalah salah satu aktivitas yang tak pernah lepas dari kehidupan manusia. Setiap saat kita selalu melakukan perhitungan mulai dari menghitung waktu, menghitung uang, ataupun menghitung benda-benda dan juga hal-hal yang lainnya.

Sejak kecil kita juga sudah diajarkan matematika. Tak hanya di bangku sekolah, di usia pra sekolah pun kita juga sudah mulai diajarkan perhitungan matematika. Bicara soal hitung mengitung di dunia matematika, macamnya ada banyak sekali. Ada perhitungan waktu, massa, jarak, dan lain sebagainya.

Nah, pada kesempatan yang sangat baik ini kami akan mengajak para pebaca semua untuk melihat informasi yang cukup menarik tentang perhitungan matematika khususnya perhitungan massa dan berat. Jika anda tertarik dan ingin mengetahuinya secara detail, langsung saja simak baik-baik ulasan yang kami bagikan berikut ini.

Berbicara soal massa dan berat suatu benda, terdapat beberapa satuan yang kita kenal mulai dari gram, kilogram, liter, ons, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berkaitan dengan hal tersebut, masih banyak orang yang merasa kesulitan melakukan konversi dari satuan tertentu ke satuan yang lainnya.

Jika anda termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang masih kesulitan melakukan konversi satuan berat, jangan kawatir. Kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai konversi satuan kilogram ke liter secara tepat dan jelas. Namun sebelum itu kita bahas dulu definisi dari masing-masing satuan tersebut.

Satuan Kilogram

Bagi anda yang belum tahu, satuan kilogram adalah satuan massa alias berat yang sudah diatur dalam  sistem internasional atau SI. Simbol yang digunakan untuk satuan kilogram adalah (kg). Sedangkan satuan dasar dari kilogram untuk massa atau berat sendiri adalah adalah gram yang disimbolkan (g).

Jika dikonversikan ke dalam satuan dasarnya, 1 kilogram sama dengan 1.000 gram. Selain gram dan juga kilogram, ada beberapa satuan massa lainnya yang masih masuk dalam satu kelompok yang sama, yakni milligram yang disimbolkan (mg), centigram yang disimbolkan (cg), decigram yang disimbolkan (dg), dan lain sebagainya.

Satuan Liter

Setelah anda tahu tentang satuan kilogram, selanjutnya akan dibahas lebih detail terkait satuan liter. Jadi, satuan liter sebenarnya adalah satuan volume. Namun perlu anda ketahui juga bahwa sebenarnya satuan liter bukanlah satuan volume yang terdapat pada sistem internasional atau SI.

Kendati demikian, satuan liter tetap dapat digunakan bersama dengan satuan sistem internasional lainnya. Simbol resmi yang digunakan untuk satuan liter adalah l alias L kecil, namun karena sudah salah kaprah, tak sedikit pula orang yang menggunakan simbol L besar untuk menuliskan liter.

Selain liter, ada juga beberapa satuan volume lainnya yang juga masih berada dalam satu kelompok dengan liter, yakni milliliter yang disimbolkan (ml), centiliter yang disimbolkan (cl), deciliter yang disimbolkan (dl), dan lain-lain. Perlu diketahui juga bahwa dalam sistem internasional atau SI, satuan dasar yang digunakan untuk volume adalah meter kubik (m3).

Ada juga beberapa satuan volume yang tercatat dalam satuan internasional lainnya yang berbasis meter kubik seperti millimeter kubik yang disimbolkan (mm3), centimeter kubik yang disimbolkan (cm3), decimeter kubik yang disimbolkan (dm3), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga : Mood Artinya Apa ya?

Massa Jenis

Sebelum menjawab pertanyaan 1 kg berapa liter, anda juga harus paham terlebih dahulu tentang massa jenis alias densitas. Pasalnya satuan kilogram merupakan satuan yang digunakan untuk besaran massa alias berat, sedangkan satuan liter adalah satuan yang digunakan untuk besaran volume. Sehingga besaran massa tidak dapat dikonversi menjadi besaran volume secara langsung.

Satuan kilogram tidak bisa langsung dikonversi ke dalam satuan liter. Maka dari itu, untuk melakukan konversi dari besaran massa ke besaran volume, dibutuhkan besaran lainnya yang disebut massa jenis alias densitas. Perlu diketahui bahwa massa jenis suatu benda adalah massa benda tersebut dihitung persatuan volume. Berikut rumus untuk menghitung massa jenis.

Massa Jenis = Massa/Volume

atau

P = m/V

Setelah tau massa jenis, barulah kita bisa melakukan mengkonversi nilai dari satuan kilogram ke liter ataupun sebaliknya. Berdasarkan rumus massa jenis atau densitas yang sudah dijelaskan di atas, maka untuk mengkonversi berat ke volume atau kilogram ke liter adalah sebagai berikut.

Air didefinisikan memiliki massa jenis atau densitas sebesar 1 kg per liter, maka volume 1 kg air dapat dihitung menggunakan rumus V = 1 kg/1 kg per liter = 1 liter. Jadi kesimpulannya 1 kilogram air sama dengan 1 liter air. Lantas bagaimana jika yang dihitung bukanlah air, melainkan benda lain?

Sederhana saja, kita perlu mengetahui terlebih dahulu berapa massa jenisnya. Misalnya alumunium yang memiliki massa jenis 2,712 kg per liter. Jika dimasukkan ke dalam rumus V=m/P, maka V = 1 kg/2,712 kg per liter = 0,369 liter. Jadi, 1 kilogram alumunium sama dengan 0,369 liter. Dari dua perhitungan di atas diperoleh jawaban sebagai berikut.

1 kg air = 1 liter

1 kg alumunium = 0,369 liter

Cukup mudah bukan? Perhitungan tersebut juga berlaku bagi benda lain yang memiliki massa jenis yang berbeda misal besi, kayu, tembaga, emas, ataupun yang lainnya. Intinya untuk mengkonversi nilai volume (kg) sebuah benda ke dalam liter, maka kita harus mengetahui berapa massa jenis benda tersebut.

Untuk lebih memantapkan pemahaman anda mengenai konversi nilai dari kilogram ke liter, akan kami bagikan beberapa contoh soal perhitungan volume benda, massa benda, dan juga massa jenis benda. Penasaran? Tak perlu basa-basi lagi langsung saja berikut contoh-contoh soalnya.

Contoh Soal 1

  • Soal :
    Berapa literkah 1 kg beras yang diketahui memiliki massa jenis 0,753 kg/liter ?
  • Jawab :
    Diketahui : Massa jenis beras ρ =0,753 kg/liter
    Diketahui : Massa beras m = 1 kg
    Penyelesaian : V = m/ρ = 1/0,753 = 1,328 liter
    Jadi volume 1 kg beras yang dimaksud adalah 1,328 liter

Contoh Soal 2

  • Soal :
    Berapa literkah 1 kg minyak goreng yang diketahui punya massa jenis 0,933 kg/liter?
  • Jawab :
    Diketahui : Massa jenis minyak goreng ρ =0,933 kg/liter
    Diketahui : Massa minyak goreng m = 1 kg
    Penyelesaian : V = m/ρ = 1/0,933 = 1,072 liter
    Jadi volume 1 kg minyak goreng yang dimaksud adalah 1,072 liter

Contoh Soal 3

  • Soal:
    Diketahui suatu jenis arang punya massa jenis 0,208 kg/liter. Berapa liter volume 2,5 kilogram arang tsb?
  • Jawab :
    Diketahui : Massa jenis arang ρ =0,208 kg/L
    Ditanya : Massa arang m = 2,5 kg
    Penyelesaian : V = m/ρ = 2,5/0,208 = 4,808 L
    Jadi volume 2,5 kg arang yang dimaksud adalah 12,019 liter

Bagaimana, sangat lengkap dan mudah untuk dipahami bukan? Dengan membaca secara teliti info atau materi yang sudah kami bagikan hari ini dijamin anda sudah bisa melakukan konversi dari liter ke kilogram ataupun sebaliknya secara tepat. Oleh sebab itu silahkan dipahami baik-baik.

Demikianlah informasi mengenai 1 Kg berapa Liter (Kilogram Ke Liter). Semoga informasi tadi bisa menjawab rasa penasaran dan mengobati rasa ingin tahu anda mengenai satuan kilogram dan liter. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-teman anda yang juga masih belum tahu berapa nilai konversi dari kilogram ke liter ataupun sebaliknya.