1 Liter berapa Kg (Liter ke Kilogram) ?

1 Liter berapa Kg (Liter ke Kilogram) ? – Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk yang sempurna dengan dibekali akal dan juga pikiran untuk berfikir. Dengan begitu manusia dapat menyelesaikan berbagai macam permasalahan dalam hidup serta mampu mencipatakan hal-hal baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, kehidupan manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya perhitungan matematika. Setiap hari kita selalu dihadapkan dengan sesuatu yang berhubungan dengan matematika, mulai dari menghitung waktu, menghitung uang, hingga menghitung benda-benda lain yang ada di sekitar.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa masing-masing nilai yang dihitung menggunakan sistem matematika memiliki satuan masing-masing. Misal waktu memiliki satuan detik, berat memiliki satuan gram, volume memiliki satuan m3, luas memiliki satuan m2, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sayangnya terdapat suatu kendala yang dialami oleh sebagian orang. Mereka kebingungan bagaimana cara mengkonversi satuan tertentu ke satuan yang lain. Padahal jika kita tahu berapa nilai konversinya tentu akan lebih mudah. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk melihat informasi mengenai bagaimana cara mengkonversi satuan.

Sebelumnya sudah kami bagikan informasi lengkap pengkonversian dari nilai kilogram ke liter. Dan pada kesempatan yang baik ini kami akan mengajak anda semua untuk melihat informasi mengenai pengkonversian dari liter ke kilogram. Apakah caranya masih sama? Mari kita cari tahu bersama-sama pada ulasan yang satu ini.

Oh iya, sebelum mulai menghitung berapa kilogramkah 1 liter itu, ada baiknya kita pelajari dulu dua satuan tersebut baik itu kilogram maupun liter. Tanpa perlu berbasa-basi lagi langsung saja kita cari tahu bersama pada ulasan berikut ini. Silahkan dibaca dengan cermat dan dipahami baik-baik materi berikut.

Satuan Liter (l)

Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa satuan liter sebenarnya adalah satuan ynag digunakan untuk volume. Namun perlu kita ketahui bersama bahwa sebenarnya satuan liter bukan merupakan satuan volume yang terdapat pada sistem internasional alias SI. Yang digunakan dalam satuan internasional untuk volume adalah m3.

Meski begitu kita tetap bisa menggunakan satuan liter bersama dengan satuan lain pada sistem internasional. Simbol resmi yang dipakai untuk menggambarkan satuan liter adalah huruf L kecil (i). Kendati demikian masih banyak orang yang salah kaprah dan menuliskan liter dengan satuan huruf L besar (L).

Selain liter, ada juga beberapa satuan yang digunakan untuk volume lainnya yang masih berada dalam satu kelompok yang sama, yakni milliliter dengan simbol (ml), centiliter dengan simbol (cl), deciliter dengan simbol (dl), dan lain-lain. Jika anda masih bingung, berikut pengkonversian satuan liter ke beberapa satuan lain yang masih masuk ke dalam kategori yang sama.

  • 1 liter sama dengan 0,001 m3
  • 1 liter sama dengan 1 dm3
  • 1 liter sama dengan 1.000 cm3 sama dengan 1.000 cc
  • 1 liter sama dengan 106 mm3
  • 1 m3 sama dengan 1.000 liter
  • 1 dm3 sama dengan 1 liter
  • 1 cm3 sama dengan 0,001 liter
  • 1 mm3 sama dengan 10-6 liter

Apakah cukup sampai di situ saja? Tak hanya itu, karena masih ada beberapa nilai konversi dari satuan liter ke satuan yang lainnya dalam satu kategori satuan yang sama. Penasaran? Konversi dari satuan liter ke satuan berbasis liter yang kami maksud adalah diantaranya sebagai berikut.

  • 1 liter sama dengan 1.000 ml ( milliliter )
  • 1 liter sama dengan 100 cl ( centiliter )
  • 1 liter sama dengan 10 dl ( deciliter )

Baca juga : 1 kg berapa liter (kilogram ke liter) ?

Satuan Kilogram (kg)

Setelah dibahas secara lengkap terkait dengan satuan liter, mari kita lanjut ke satuan kilogram. Satuan kilogram merupakan satuan massa alias berat yang ketentuannya sudah diatur dalam sistem internasional alias SI. Simbol yang digunakan untuk satuan kilogram adalah huruf (kg). Sementara untuk satuan dasarnya adalah gram dengan simbol (g).

Satuan kilogram apabila dikonversikan ke dalam satuan dasarnya bernilai 1.000 gram. Selain itu, ada beberapa satuan massa lain yang masih masuk dalam satu kelompok kilogram, yakni milligram dengan simbol (mg), centigram dengan simbol (cg), decigram dengan simbol (dg), dan lain-lain. Berikut merupakan daftar konversi satuan untuk massa.

  • 1 kg sama dengan 106 mg ( milligram )
  • 1 kg sama dengan 105 cg ( centigram )
  • 1 kg sama dengan 104 dg ( decigram )
  • 1 kg sama dengan 1.000 g ( gram )
  • 1 kg sama dengan 100 dag ( decagram )
  • 1 kg sama dengan 10 hg ( hectogram )
  • 1 kg sama dengan 10 – 6 ton

Cukup jelas bukan? Kembali ke pertanyaan awal sebenarnya 1 liter sama dengan berapa kg? Sama seperti menghitung dari kg ke liter, diperlukan massa jenis untuk bisa melakukan konversi nilai tersebut. Oleh karena itu sebaliknya kita perlejas terlebih dahulu pemahaman mengenai massa jenis.

Massa Jenis (Densitas)

Perlu diketahui bahwa satuan liter tidak bisa langsung dikonversikan menjadi satuan kilogram. Oleh sebab itu dibutuhkan besaran lainnya yang disebut massa jenis atau densitas. Massa jenis suatu benda ialah massa dari benda tersebut dihitung per satuan volume. Berikut rumus yang digunakan untuk menghitung massa jenis.

Massa = Massa Jenis x Volume atau m = p x V

Setelah mengetahui massa jenis suatu benda, barulah kita bisa mengkonversi nilai dari satuan liter ke kilogram ataupun sebaliknya. Berdasarkan rumus massa di atas, maka untuk mengkonversi liter ke kilogram bisa anda lihat pada pembahasan lebih lanjut sebagai berikut. Silahkan dicermati dengan seksama.

Air didefinisikan punya massa jenis sebesar 1 kg/liter, maka massa 1 liter air dapat di hitung menggunakan rumus 1 kilogram per liter x 1 liter = 1 kilogram. Dari perhitungan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa 1 liter air memiliki berat sama dengan 1 kilogram. Lantas bagaimana untuk perhitungan material lain seperti alumunium?

Kembali lagi ke pembahasan awal bahwa kita harus mengetahui terlebih dahulu berapa massa jenis benda yang hendak kita hitung. Misal alumunium memiliki massa jenis 2,712 kg/liter. Misal kita ingin mengkonversi massa 0,5 liter alumunium ke kg bisa menggunakan rumus 2,712 kg/liter x 0,5 liter = 1,356 kilogram. Jadi kesimpulan jawabannya sebagai berikut.

1 liter air = 1 kilogram

0,5 liter alumunium = 1,356 kilogram

Bagaimana, cukup mudah dipahami bukan? Jika anda mencermati pembahasannya dengan teliti mulai dari awal sampai akhir, kami jamin pasti anda bisa melakukan konversi dengan mudah dari liter ke kilogram ataupun sebaliknya. Silahkan dicoba dengan soal lainnya agar kemampuan anda dalam menghitung semakin terlatih.

Jika anda mengkonversi nilai per kilogram dari sejumlah liter material atau benda yang lain, silahkan cari tahu terlebih dulu massa jenisnya. Karena massa jenis berbagai jenis benda tersebut sudah disepakati nilainya. Dengan begitu anda bisa melakukan konversi jumlah liter ke kg atau sebaliknya.

Demikianlah informasi lengkap mengenai 1 Liter berapa Kg (Liter ke Kilogram). Semoga informasi yang kami share kali ini bisa bermanfaat bagi seluruh pembaca terutama yang masih belum tahu bagaimana cara mengkonversi satuan liter ke kilogram secara benar. Sampai jumpa lagi di ulasan tentang perhitungan matematika yang tak kalah menarik berikutnya.