100+ Gambar Wayang Kulit dan Namanya Terlengkap 2019

100+ Gambar Wayang Kulit dan Namanya Terlengkap 2019 – Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia termasuk salah satu negara yang akan budaya. Ada banyak sekali warisan leluhur yang dimiliki oleh ibu pertiwi. Negara yang memiliki slogan Bhinneka Tunggal Ika ternyata memang bukan hanya isapan jempol belaka.

Indonesia yang memiliki kekayaan budaya, suku, ras, dan agama tetap bersatu dibawah naungan NKRI. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa negara Indonesia memiliki pulau yang sangat banyak. Dan hampir di setiap pulaunya hidup kebudayaan yang berbeda. Misalnya di Jawa yang terbagi menjadi tiga bagian yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Jawa memiliki kebudayaan wayang yang merupakan warisan leluhur. Kebudayaan tersebut masih tetap lestari sampai saat ini. Jawa Barat dan juga Jawa Tengah terkenal dengan wayang golek serta wayang orang. Sedangkan Jawa Timur punya budaya sendiri yakni Wayang Kulit. Buat anda orang Jawa Timur asli atau orang yang sudah lama tinggal di sana tentu familiar dengan Wayang Kulit.

Buat anda yang belum tahu, wayang kulit adalah seni tradisional asli Indonesia yang berkembang pesat di Jawa, utamanya Jawa Timur. Kata wayang sendiri sebenarnya berasal dari kata ‘Ma Hyang’ yang berarti menuju kepada dewa atau roh spiritual atau dalam konteks agama adalah Tuhan Yang Maha Esa.

Ada pula sebagian orang yang mengartikan wayang sebagai ‘bayangan’, hal ini disebabkan karena penonton bisa menonton wayang dari belakang kelir atau hanya nampak bayangannya saja. Selain itu wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang. Dalang di sini berfungsi sebagai narator dari tokoh-tokoh pewayangan yang ada di dalamnya.

Biasanya pagelaran wayang kulit selalu diiringi oleh musik tradisional gamelan yang dimainkan oleh sekelompok nayaga dan tembang atau lagu yang dinyanyikan oleh para pesinden. Pagelaran wayang kulit biasanya dilaksanakan di hari-hari tertentu misal hari besar agama atau adat. Ada pula yang menggelar wayang kulit untuk memeriahkan sebuah hajat seperti pernikahan ataupun sunatan.

Dalam sebuah pergelaran wayang kulit pasti terdapat sebuah lakon atau cerita yang dimainkan oleh dalang. Contohnya adalah Ramayanan dan Mahabarata. Dalam lakon atau cerita tersebut tentu ada banyak sekali karakter wayang yang muncul. Mulai dari Arjuna, Bima, Nakula, Sadewa, Rahwana, dan kawan-kawannya.

Nah, pada kesempatan yang sangat baik ini kami akan berbagi informasi kepada anda semua mengenai gambar-gambar wayang lengkap dengan karakter atau tokoh yang ada di dalamnya agar bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda. Tujuannya adalah agar budaya wayang kulit ini tetap lestari dan tidak pudar dimakan jaman.

Mengingat saat ini banyak sekali budaya-budaya asing masuk ke tanah air mulai dari K-Pop dan lain-lain sehingga menjadikan para generasi muda enggan mempelajari budaya asli Indonesia. Jika hal tersebut terus dibiarkan, bukan mustahil jika budaya asli seperti wayang kulit punah. Oke daripada terus berbasa-basi lagi langsung saja simak baik-baik ulasan yang kami bagikan berikut ini.

Baca juga : 100+ Gambar Boneka Lucu, Imut, dan Cantik 2019

1. Batara Wisnu

Batara Wisnu atau Sang Hyang Wisnu adalah karakter dewa yang pernah menjelma menjadi seorang raja di muka bumi. Dikisahkan ketika Betara Wisnu lahir, bumi bergetar keras sampai-sampai Betara Guru pun jatuh terpelanting. Sifat dari Batara Wisnu antara lain tegas, ikhlas, pemaaf, dan dapat memberi semua kehidupan kepada semua mahluknya.

2. Batara Surya

Selanjutnya ada karakter atau tokoh bernama Batara Surya yang juga merupakan putera dari Batara Ismaya alias Semar. Batara Surya tinggal di kahyangan bersama dua istri yakni Dewi Ngruna dan Dewi Ngnini. Karena memiliki kemampuan mengusai gerak matahari, banyak orang menyebut Batara Surya sebagai Dewa Matahari. Batara Surya juga memiliki sifat welas asih, dan tidak suka marah.

3. Yudhistira

Bagi anda yang suka menonton drama kolosal Mahabarata tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Yudhistira. Ya, Yudhistira atau yang juga dikenal dengan nama Puntadewa merupakan anak pertama dari lima bersaudara. Yudhistira merupakan putera dari Prabu Pandu dan Dewi Kunti. Karakter dari Yudhistira adalah jujur, adil, taat agama, mudah memaafkan, dan juga bijaksana.

4. Werkudara

Selanjutnya ada prabu Wekudara yang juga dikenal dengan nama Bima. Werkudara atau Bima merupakan anak kedua dari Pandawa Lima. Werkudara juga merupakan anak dari Prabu Pandu dan Dewi Kunti. Karakter yang satu ini dikenal kuat dan hobi makan. Prabu Werkudara memiliki sifat jujur, tabah, patuh, setia, berani serta kuat.

5. Arjuna

Arjuna atau yang juga memiliki nama Permadi merupakan salah satu tokoh Pandawa Lima. Arjuna merupakan seorang ksatria yang memiliki wajah rupawan. Arjuna juga merupakan anak dari Prabu Pandu dan Dewi Kunti. Arjuna memiliki sifat pendiam, sopan santu, lemah lembut, teliti, berani, serta cerdik. Senjata andalannya adalah panah pasopati.

6. Nakula Sadewa

Nakula dan Sadewa merupakan karakter kembar yang juga masuk ke dalam Pandawa Lima. Nakula Sadewa merupakan putra dari Prabu Pandu dan Dwi Mardim. Nakula dan Sadewa merupakan ksatria yang ahli pedang dan ilmu astronomi. Sifat yang dimilikinya adalah jujur, setia, taat dan patuh terhadap orang tuanya.

7. Semar

Semar adalah salah satu dari empat tokoh punakawan. Semar merupakan tokoh pewayangan yang bijaksana. Semar memiliki watak mengasihi sesama, rendah hati, tidak lupa diri meskipun memiliki berbagai macam kelebihan. Wajar jika banyak orang menyebut watak semar sangat cocok dicontoh dalam kehidupan sehari-hari.

8. Petruk

Selanjutnya ada tokoh punakawan bernama Petruk. Petruk ini merupakan tokoh yang beda dibandingkan dengan tokoh Punakawan yang lainnya. Petruk memiliki sifat humoris, pandai berbicara, menarik perhatian, bermuka manis dan nakal. Petruk banyak disukai orang karena lucu.

9. Gareng

Gareng juga termasuk salah satu dari keempat karakter Punakawan. Diantara karakter lainnya mungkin si Garenglah yang tidak begitu mencolok. Gareng memiliki sifat tidak suka mengambil hak orang lain, selalu berhati hati dalam melangkah, punya aura yang positif, serta selalu ceria dan gembira.

10. Bagong

Yang terakhir dari tokoh Punakawan adalah Bagong. Bagong merupakan tokoh pewayangan yang memiliki sifat humoris dan suka bertingkah bodoh kepada temannya, dengan sedikit agak lancang. Tokoh ini sangat klop jika disandingkan dengan Petruk. Namun dibalik kekonyolan tersebut, Bagong merupakan tokoh yang menyenangkan, sederhana, serta tidak kagum pada gemerlap kehidupan.

Gambar-gambar Wayang Kulit Lainnya

Bagaimana, mantap bukan? Semoga informasi yang kami sajikan tadi bisa menginspirasi anda semua. Tidak semua tokoh atau karakter yang ada di wayang kulit memiliki sifat yang baik. Ada juga karakter wayang kulit yang memiliki sifat jahat seperti halnya Rahwana dan Sengkuni.

Nah, demikianlah informasi lengkap mengenai Gambar Wayang Kulit dan Namanya Terlengkap 2019. Semoga informasi yang kami bagikan tadi bisa bermanfaat bagi anda semua yang suka dengan seni wayang kulit. Jangan lupa share info mengenai wayang kulit ini kepada teman-teman yang juga punya hobi serupa. Nantikan info menarik seputar gambar-gambar keren lainnya,

Incoming search terms:

gambar wayang kulit,gambar wayang dan namanya,gambar wayang kulit beserta nama _namanya,dp bbm sifat sengkuni,gambar wayang,gambar wayang kulit dan namanya,