Alasan Mengapa Registrasi Kartu itu Penting

Bagi pengguna smartphone ataupun HP, memahami cara registrasi kartu itu sangat penting karena berkaitan dengan kewajiban yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sejak 31 Oktober 2017. Aturan pendaftaran kartu SIM baik untuk pengguna lama dan juga pengguna baru ditujukan untuk melindungi pengguna perangkat mobile dari upaya kejahatan cyber yang marak terjadi.

Masalah yang Timbul Jika Tidak Registrasi Kartu

Lantas, mungkin masih banyak masyarakat yang bertanya-tanya, adakah sanksi tertentu apabila mereka tidak melakukan registrasi kartu? Pemerintah melalui MENKOMINFO memang tidak menetapkan adanya sanksi perdata dan juga pidana bagi masyarakat yang tidak melakukan pendaftaran kartu SIM-nya. Meski begitu, bukan berarti mereka yang tidak melakukan pendaftaran lantas tidak terkena masalah sama sekali.

MENKOMINFO memberlakukan peraturan bahwa setiap pengguna baru maupun pengguna lama kartu SIM yang tidak melakukan pendaftaran terhadap kartu SIM maka nomornya tidak bisa digunakan lagi. Untuk pengguna kartu baru, perintah untuk melakukan pendaftaran akan langsung muncul tatkala mereka menginstal kartu SIM ke dalam smartphone.

Sementara pengguna kartu lama akan diberikan tenggat waktu terakhir masa pendaftaran. Apabila pendaftaran tidak kunjung dilakukan, maka secara bertahap kartu akan diblokir. Untuk pengguna kartu lama, masa tenggat adalah 28 Februari 2018.

Dokumen yang Diperlukan untuk Registrasi Kartu

Terkait cara pendaftaran kartu SIM, maka pengguna harus mempersiapkan sejumlah dokumen ataupun data agar pendaftaran bisa dilakukan. Setidaknya, ada dua jenis dokumen yang harus dipersiapkan atau setidaknya data di dalam dokumen tersebutlah yang penting. Dokumen tersebut adalah KK dan KTP. Untuk pendaftaran dibutuhkan nomor KK serta NIK KTP pemegang kartu.

Sementara untuk pengguna kartu SIM yang belum memiliki e-KTP, maka nomor NIK sudah bisa dilihat melalui KK. Pendaftarannya sendiri bisa dilakukan melalui banyak metode. Untuk kartu Smartfren, maka pendaftaran bisa dilakukan lewat website resmi My Smartfren, lewat SMS, atau mendatangi gerai Smartfren terdekat di kota Anda.

Tidak perlu khawatir mengenai keamanan informasi karena data yang diberikan dipastikan tidak akan bocor. Jika ingin menikmati layanan internet lebih lancar, gunakan Smartfren 4G LTE advanced yang menyajikan kecepatan internet handal.