Alat Penguat Sinyal HP Android Sederhana

Alat Penguat Sinyal HP Android Sederhana – Handphone alias HP kini sudah menjadi salah satu alat penting yang dimiliki oleh hampir setiap orang. Tak heran memang karena alat yang satu ini punya banyak sekali fungsi, salah satunya adalah untuk mempermudah komunikasi jarak jauh.

Dulu sebelum ada HP, orang kesulitan saat hendak berkomunikasi jarak jauh. Surat yang dijadikan pilihan kala itu. Namun semenjak ada HP, surat mulai ditinggalkan karena dianggap kurang efektif dan efisien. Namun setelah ada HP, orang bisa melakukan panggilan suara dan mengirimkan pesan dengan mudah dan murah.

Seperti yang kita tahu, untuk bisa telepon dan SMS diperlukan sinyal. Di Indonesia sendiri masih ada daerah-daerah yang belum dijangkau sinyal dengan baik, utamanya di daerah-daerah pelosok yang notabena pembangunannya masih rendah. Akibatnya keberadaan HP akan sia-sia karena tidak bisa digunakan.Jika anda pernah atau sedang tinggal di pelosok desa pasti merasakan betapa kesalnya saat ingin telepon, SMS, atau internetan namun tidak ada sinyal. Sebenarnya ada trik atau cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan sinyal ketika berada di desa, yakni dengan menggunakan alat penguat sinyal.

Dengan alat tersebut, HP anda bisa menangkap sinyal dengan lebih baik meskipun berada di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh sinyal. Ada banyak sekali jenis alat penguat sinyal HP mulai dari yang sederhana sampai yang canggih. Alat-alat penguat sinyal HP tersebut bisa didapatkan dengan mudah di pasaran.

Apalagi sekarang sudah ada internet, kita bisa dengan mudah menemukan dan membeli alat penguat sinyal untuk HP secara online di Tokopedia, BukaLapak, Kaskus, ataupun situs lain. Namun jika enggan membeli, anda bisa membuat alat penguat sinyal HP sendiri menggunakan bahan-bahan sederhana.

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat alat penguat sinyal HP sendiri. Beberapa diantaranya adalah silet dan alumunium foil. Tentunya bahan-bahan tersebut bisa didapat dengan mudah. Berikut tutorial step by step bagaimana cara membuat alat penguat sinyal HP sederhana menggunakan bahan silet dan alumunium foil.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Silet
  • Magnet
  • Alumunium Foil
  • Gunting

Langkah-langkah Pembuatan :

  1. Pertama-tama gosokkan magnet ke silet berulang-ulang kali
  2. Setelah itu silet akan memiliki medan magnet
  3. Selanjutnya letakkan silet di atas alumunium foil
  4. Lipat alumunium foil agar menutupi semua bagian silet
  5. Setelah itu gunting alumunium foil
  6. Sesuaikan guntingan dengan body HP
  7. Jika sudah, buka casing belakang HP anda
  8. Letakkan silet alumunium foil tadi di atas baterai
  9. Tutup kembali casing belakang
  10. Lihat bagaimana peningkatan sinyal di HP anda

Sangat simpel bukan? Setelah dicoba di HP Android dengan kartu Telkomsel yang awalnya indikator sinyal hanya menunjukkan 1 bar meningkan menjadi 3 bar. Itu artinya alat penguat sinyal HP sederhana tadi benar-benar bekerja dengan benar sesuai harapan. Penguat sinyal tersebut dapat digunakan di semua HP mulai dari Android, iPhone, hingga BlackBerry.

Selain menggunakan silet dan alumunium foil, penguat sinyal HP juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang lain seperti lilitan tembaga hingga antena radio bekas. Namun untuk bisa menggunakan bahan-bahan tersebut menjadi sebuah alat penguat sinyal HP, anda perlu tahu tipe antena pada HP.

Baca juga : Mengatasi Sinyal Hilang Setelah HP Jatuh

Ada beberapa HP yang menggunakan antena di luar, dan ada beberapa HP yang antenanya di dalam. Namun hampir semua HP keluaran terbaru sudah menggunakan antena dalam. Tempat antena tersebut biasanya di bagian belakang berbentu bulanan dengan ring tembaga. Jika tidak terlihat biasanya ditutupi oleh karet.

Jika anda sudah menemukan lokasi antena di HP akan lebih mudah karena anda bisa langsung menyambungkannya dengan antena eksternal seperti antena radio bekas, asal portnya bisa masuk. Atau jika tidak, anda bisa membuat antena sendiri dari lilitan kawat tembaga bekas. Berikut cara membuat antena penguat sinyal HP dari kawat tembaga bekas.

  1. Pertama-tama siapkan kawat tembaga bekas dengan panjang 30 – 50 cm
  2. Setelah itu lilitkan kawat tersebut pada body HP sebanyak 2 hingga 5 kali lilitan
  3. Sisakan ujungnya sekitar 10 cm lalu arahkan ke atas seperti antena
  4. Sambungkan ujung yang lain ke port atau lubang antena yang ada di HP
  5. Jika sudah, silahkan cek perubahannya

Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa dengan alat penguat sinyal HP tersebut, sinyal HP bisa naik dengan signifikan dari yang awalnya 1 bar atau tidak ada sama sekali menjadi 2 bar sampai dengan 3 bar. Selain kawat tembaga, anda juga bisa menggunakan bahan lain untuk antena penguat sinyal.

Bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan mulai dari kaleng bekas, wajan, tutup panci, dan masih banyak lagi yang lain. Silahkan gunakan kreatifitas anda untuk membuat alat penguat sinyal HP sendiri. Namun jika anda malas untuk membuat, bisa membeli alat penguat sinyal siap pakai yang banyak dijual di pasaran.

Incoming search terms:

alat penguat sinyal hp sederhana,alat penangkap sinyal di android,alat penangkap sinyal wifi untuk hp android,alat penguat sinyal hp,cara membuat jaringan Wi-Fi untuk hp dengan kawat tembaga,cara membuat penguat sinyal hp android,lilitan tembaga penguat sinyal hp,Penguat signal hp dengan lilitan tembaga,