Antena Penguat Sinyal Modem Terbaik Buatan Sendiri

Antena Penguat Sinyal Modem Terbaik Buatan Sendiri – Selain  menggunakan jaringan wifi alias hotspot, biasanya pengguna internet di tanah air menggunakan modem agar bisa terhubung di jaringan internet. Modem yang digunakan pun bermacam-macam mulai dari modem GSM sampai dengan modem CDMA.

Seiring perkembangan waktu, bentuk dari perangkat modem pun juga mengalami perubahan mulai dari USB stick sampai yang paling anyar berbentuk portable dengan fitur wifi (mifi). Semua jenis modem tersebut akan bekerja dengan baik apabila didukung oleh jaringan atau sinyal yang baik pula.

Tanpa kualitas sinyal yang bagus, tentu pengguna tidak bisa berinternetan dengan lancar. Meskipun saat ini Indonesia sudah tercover jaringan 4G LTE, namun masih ada beberapa wilayah belum dijangkau oleh sinyal dengan baik, ntah itu sinyal 2G, 3G, maupun 4G LTE. Wilayah tersebut biasanya lokasinya berada di pedalaman dan jauh dari perkotaan.Bagi anda para pengguna modem yang kesulitan mendapatkan jangkauan sinyal tak perlu kawatir karena ada cara khusus yang bisa anda lakukan agar modem dapat menangkap sinyal baik 3G maupun 4G dengan lebih baik. Ya, caranya adalah dengan menggunakan antena penguat sinyal modem yang sudah banyak beredar di pasaran.

Anda bisa membeli antena penguat sinyal modem di toko-toko komputer baik online maupun offline dengan harga yang bervariasi mulai dari 50 ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah. Mahal tidaknya penguat sinyal modem tergantung brand, kualitas, serta fitur-fitur yang disematkan di dalamnya.

Namun jika anda tidak memiliki budget untuk membeli alat tersebut tak perlu kawatir karena anda bisa membuatnya sendiri. Ya, membuat antena penguat sinyal modem sebenarnya bukan perkara yang susah. Berikut kami bagikan info lengkap mengenai cara membuat antena penguat sinyal modem dengan bahan-bahan sederhana.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Pisau cutter
  • Silet
  • Kunci tang
  • Mistar sepanjang 30 cm
  • Modem
  • Kardus
  • Alumunium foil
  • Isolasi
  • Kawat tembaga
  • Kabel USB

Tahap-tahap Pembuatannya :

  1. Pertama-tama potong dan lipat kardus bekas yang sudah disiapkan sebelumnya dengan bentuk L seperti kursi
  2. Jika sudah, lapisi semua permukaan kardus tersebut dengan alumunium foil
  3. Gunakan isolasi agar alumunium bisa menempel dengan sempurna
  4. Jika sudah, siapkan kawat tembaga lalu bentuk dengan pola seperti gambar di bawah ini
  5. Jika sudah, letakkan kawat tembaga yang sudah dibentuk tadi di atas dudukan kardus yang telah dilapisi alumunium foil
  6. Agar tidak jatuh, anda bisa memberikannya isolasi atau mengikatnya
  7. Apabila sudah selesai, colokkan kabel USB ke modem dan ke komputer atau laptop
  8. Taruh modem di atas dudukan kardus yang sudah diberi kawat tembaga tadi
  9. Kurang lebih hasilnya seperti ini
  10. Jika sudah, silahkan lakukan pengujian apakah ada peningkatan sinyal dan kecepatan internet atau tidak

Baca juga : Alat Penguat Sinyal Wifi Kualitas Terbaik

Sudah banyak pengguna komputer dan pengguna internet yang berhasil membuat alat penguat sinyal modem tersebut dan merasakan manfaatnya. Sinyal yang mampu ditangkap oleh modem semakin naik dan secara otomatis akan meningkatkan kecepatan dan keslabilan koneksi internet dengan modem.

Jika anda ingin hasil yang lebih baik, maka diperlukan kabel USB yang lebih panjang. Taruh antena penguat sinyal modem tersebut di atas genteng atau atap rumah, lalu hubungkan dengan komputer menggunakan kabel USB panjang yang telah dipersiapkan sebelumnya. Berikut bukti speed yang didapat setelah menggunakan antena penguat sinyal modem.

Selain menggunakan alat tadi, anda juga bisa membuat antena penguat sinyal modem menggunakan bahan lain seperti wajan. Antena penguat sinyal yang dijual di pasaran juga banyak yang menggunakan model wajan, namun yang digunakan bukan wajan beneran, melainkan bentuknya saja mirip seperti wajan.

Anda bisa menggunakan wajan bekas yang sudah tidak terpakai di rumah untuk membuat antena penguat sinyal sendiri. Caranya tak kalah mudah dengan pembuatan antena sebelumnya. Berikut akan kami berikan daftar alat dan bahan untuk membuat antena penguat sinyal modem dari wajan.

  • Wajan dengan diameter 33 – 40 cm
  • Baskom stainless berdiameter 16 – 20 cm
  • Pipa paralon ukuran 3″ sepanjang 10 – 11 cm
  • Dop pipa ukuran 3″ sebanyak dua buah
  • Kabel RG 75 ohm secukupnya
  • Baut secukupnya
  • Gunting, tang, cutter, dan lain sebagainya

Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda bisa langsung merakit bahan-bahan yang sudah dipersiapkan tadi. Berikut skema gambar rakitan antena penguat sinyal modem yang bisa langsung anda aplikasikan dan terapkan. Gambar ini hanya sebatas rancangan saja, jadi silahkan diamati dengan baik-baik.

Jika antena tersebut sudah jadi, anda bisa langsung memasangnya di atas genteng atau atap dan menghubungkannya dengan modem serta komputer yang digunakan. Bandingkan bagaimana sinyal yang ditangkap sebelum dan sesudah menggunakan alat persebut, pasti terasa bedanya. Jika info mengenai antena penguat sinyal modem buatan sendiri ini bermanfaat, silahkan share.

Incoming search terms:

antena penguat sinyal hp android buatan sendiri,cara membuat penguat sinyal,cara membuat penguat sinyal androit com,Gambar semua alat rakitan dari bahan bekas,