Cara Mengunci Folder Di Laptop Tanpa Software

Cara Mengunci Folder Di Laptop Tanpa Software Siapa sih yang tidak kenal dengan computer di era modern ini. computer dimanfaatkan oleh manusia untuk memudahkan berbagai kegiatannya. banyak bidang yang menggunakan computer untuk membantu mereka menyelesaikan tugasnya.  Kamu mungkin salah satu orang yang mengoperasikan computer setiap waktu untuk menemani aktivitas Kamu. tak jarang berbagai data penting Kamu simpan di di data drive computer. jika Kamu memakai computer yang dapat diakses oleh banyak orang tentu saja data yang Kamu simpan tersebut belum tentu aman, siapapun dapat menghapus dan menghilangkan data yang Kamu simpan.

Kamu yang menyimpan berbagai data penting berupa foto, dokumen, mudsik, atau lainnya tentu saja tidak ingin dong lenyap begitu saja karena kehapus orang lain, terutama jika Kamu menyimpan data di computer yang bisa diakses bersama-sama , sehingga bisa setiap orang melihat data pribadi milik Kamu. jika demikian keadaanya Kamu harus melakukan sesuatu guys. Kamu harus segara mengamanlkan data Kamu agar todak dapat diakses oleh pengguna lain. Untuk mengamankannya ada lho cara mengunci folder di laptop yang bisa Kamu lakukan tanpa harus re[pt-repot mendownload software atau aplikasi. Dengan demikian Kamu gak perlu cemas lagi data Kamu diakses, dihapus, dan dihilangkan oleh orang lain. Berikut ini adalah Cara Mengunci Folder Di Laptop Tanpa Software.

Cara Mengunci Folder Di Laptop Tanpa Software

  • Pertama yang harus Kamu lakukan adalah Kamu buat folder baru dengan nama apapun yang Kamu suka. Kamu dapat mencobanya untuk mengisi folder tersebut dengan data- data pribadi Kamu baik itu foto, dokumen, video, music, ataupun data lainnya.
  • Berikutnya arahkan kursor computer ke folder baru Kamu, kemudian klik kanan, dan buatlah text dokumen baru.

Baca juga: Cara Instal Aplikasi BBM di Komputer dan Laptop tanpa Bluestack

  • Selanjutnya cara membubuhkan kunci di folder adalah dengan cara membuka dokumen, kemudian Kamu paste kode berikut ini di dokumen Kamucls @ECHO OFF title Folder Private if EXIST “HTG Locker” goto UNLOCK if NOT EXIST Private goto MDLOCKER :CONFIRM echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N) set/p “cho=>” if %cho%==Y goto LOCK if %cho%==y goto LOCK if %cho%==n goto END if %cho%==N goto END echo Invalid choice. goto CONFIRM :LOCK ren Private “HTG Locker” attrib +h +s “HTG Locker” echo Folder locked goto End :UNLOCK echo Enter password to unlock folder set/p “pass=>” if NOT %pass%== PASSWORD_GOES_HERE goto FAIL attrib -h -s “HTG Locker” ren “HTG Locker” Private echo Folder Unlocked successfully goto End :FAIL echo Invalid password goto end :MDLOCKER md Private echo Private created successfully goto End :End”
  • Berikutnya gantulah  PASSWORD_GOES_HERE  dengan kata-kata lain yang akan Kamu jadikan password Kamu. kemudian Kamu save file tersebut menggunakan format locker.bat.
  • Setelah Kamu berhasil  menyimpan file sebagai file batch, selanjutnya Kamu bisa melakukan penghapusan terhadap file  teks yang asli.
  • Berikutnya Kamu jalankan file batch Kamu dengan meng-kliknya sebanyak dua kali ketika Kamu pertama menjalankannya. Hak yang demikian akan menambah privat folder.  Sekarang segeralah Kamu tambahkan file-file pribadi yang ingin Kamu simpan di folder itum kemudian Kamu jalankan kembali locker.bat.
  • Akan muncul di layar laptop berupa pertanyaan apalah Kamu ingin mengunci folder? Saatnya Kamu tekan hurug “y” dan kemudian disusul dengan menekan “enter”. Sebagai upaya untuk mengunci folder Kamu.
  • Dengan demikian Kamu akan menyaksikan folder Kamu tadi sudah tak terlihat di computer. saat Kamu akan menjalan script kembali, Kamu akan diminta untuk membubuhkan password yang Kamu buat tadi.
  • Kamu berhasil mengunci dan menyembunyikan folder Kamu di computer.

Cara Mengunci Folder Di Laptop Tanpa Software

Nah ketika Kamu sudah berhasil menyembunyikan dan mengunci folder di computer, tentu saja Kamu ingin melihat folder itu kembali dong. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Kamu lakukan untuk melihat kembali folder yang tadi Kamu sembunyikan.

Baca juga: Cara Download Film di Laptop dengan Mudah

  • Pertama Kamu masuk dulu ke dalam folder options.
  • Berikutnya Kamu hapus centang pada kotak “show hidden file, foldrs, and drives”, dan hapus juga ceklis yang tertera di kotak “hide protected operating system files”.

Demikian guys Cara Mengunci Folder Di Laptop Tanpa Software. Semoga bermanfaat.