Cara Registrasi Ulang Kartu SIM AS, Simpati, Indosat, Tri, XL, dan Smartfren

Cara Registrasi Ulang Kartu SIM AS, Simpati, Indosat, Tri, XL, dan Smartfren – Baru-baru ini jaga dunia maya digemparkan dengan kabar bahwasanya Kementerian komunikasi dan informasi mewajibkan semua pengguna kartu seluler untuk meregistrasi ulang kartunya. Kebijakan tersebut didasarkan pada peraturan menkominfo nomor 12 tahun 2006 diperbarui dengan peraturan menkominfo Nomor 21 Tahun 2017 tentang registrasi pelanggan jasa telekomunikasi.

Adanya kebijakan baru tersebut menyebabkan berbagai macam pro dan kontra dari berbagai kalangan. Dengan melakukan registrasi ulang kartu seluler membuat pelanggaran atau kejahatan dunia maya atau cyber crime bisa diminimalisir. Sebaliknya kebijakan tersebut memberikan dampak negatif bagi sebagian orang terutama para penjual atau penyedia kartu perdana. Sempat terjadi beberapa kali unjuk rasa terkait adanya kebijakan baru tersebut.

Terlepas dari hal tersebut pemerintah tetap kukuh dengan kebijakannya. Kominfo mewajibkan semua pengguna kartu seluler untuk meregistrasi ulang kartu yang digunakan mulai dari tanggal 31 Oktober 2017 sampai dengan bulan Februari tahun 2018. Jika pengguna kartu seluler tidak meregistrasi ulang kartu yang digunakan maka akan dilakukan pemblokiran secara bertahap. Kebijakan tersebut berlaku untuk semua kartu seluler mulai dari Telkomsel, indosat ooredoo, xL Axiata, sampai dengan Smartfren.

Akibat kebijakan tersebut banyak para pengguna HP atau sepatun pemula yang kebingungan atau panik ingin semua registrasi ulang kartu yang digunakan karena takut terblokir. Sebenarnya untuk meregistrasi ulang kartu seluler tidaklah rumit. Pengguna hanya perlu menyiapkan data berupa KTP dan juga kartu keluarga. Data tersebut kemudian dimasukkan melalui SMS ke nomor khusus yang sudah disediakan oleh menkominfo.

Nah bagi Anda yang masih awam dan belum tahu bagaimana caranya, berikut kami bagikan tutorial bagaimana cara meregistrasi ulang kartu seluler untuk semua operator baik itu Telkomsel, indosat ooredoo, xL Axiata, ataupun Smartfren. Jika anda ingin tahu bagaimana tutorial lengkapnya langsung saja silakan simak baik-baik ulasan yang akan kamu sampaikan berikut ini.

Cara Registrasi Untuk Pengguna Lama

Untuk anda pengguna kartu lama baik dari operator Telkomsel kartu AS, Simpati, Indosat, Tri, XL, atau yang lainnya, bisa langsung ketik SMS dengan format ULANG#NIK#Nomor KK#. Setelah itu kirim SMS tersebut ke nomor 4444. Tunggu beberapa saat sampai anda mendapatkan SMS balasan yang berisi informasi bahwa registrasi kartu anda sudah berhasil.

Baca juga : Cara Upgrade Kartu 3 Sendiri Tanpa ke 3 Store

Cara Registrasi Untuk Pengguna Baru

Cara registrasi ulang untuk pengguna baru ini sedikit berbeda dibanding dengan pengguna lama, karena masing-masing operator selular punya cara masing-masing dalam hal registrasi kartu. Nah, buat anda yang ingin tahu bagaimana caranya, langsung saja simak baik-baik ulasan yang kami sampaikan berikut ini.

  • Untuk Indosat, Smartfren, dan Tri ketik NIK#Nomor KK. Lalu kirim ke nomor 4444
  • Untuk XL Axiata (XL dan Axis) ketik DAFTAR#NIK#Nomor KK. Lalu kirim ke nomor 4444
  • Untuk Telkomsel dengan mengetik REG#NIK#Nomor KK. Lalu kirim ke nomor 4444

Seperti yang kita tahu bahwa sebelum melakukan registrasi kartu, anda harus menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP dan KK. Kominfo menegaskan bahwa tidak diperlukan data nama ibu. Jika anda masih memiliki pertanyaan seputar registrasi kartu, bisa langsung hubungi customor service kominfo atau customor service operator selular yang anda gunakan.

Bagaimana sangat gampang bukan? Tata cara meregistrasi ulang kartu seluler untuk semua operator tidak sesulit yang kita bayangkan. Kita tidak perlu berkunjung ke customer service atau gerai kartu seluler yang kita gunakan karena kartu tersebut bisa diregistrasi sendiri. Tata caranya sudah jelas, persyaratan yang dibutuhkan juga jelas. Jadi kita bisa melakukannya sendiri di rumah.

Oke coba tadi informasi singkat mengenai cara registrasi ulang kartu seluler untuk semua operator begitu Telkomsel, xL Axiata, indosat ooredoo, smartfren, atau yang lainnya. Semoga informasi yang kami bagikan mengenai Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Semua Operator ini bermanfaat bagi para pengguna kartu seluler di manapun Anda berada. Jangan lupa share informasi ini ke teman-teman maupun kerabat Anda agar mereka juga tahu dan tidak bingung terkait kebijakan pemerintah mengenai registrasi ulang kartu seluler. Sampai jumpa di informasi menarik berikutnya.