Klaim Asuransi Sering Ditolak? Ini Dia Penyebabnya

Adanya asuransi memang memberikan banyak keuntungan karena berbagai biaya kerugian biasa dicover oleh pihak asuransi. Namun nyatanya banyak masyarakat yang masih kesulitan melakukan klaim atas kerusakan dari aset yang mereka asuransikan.

Sebenarnya baik asuransi online terbaik dan terpercaya maupun asuransi lainnya sudah memberlakukan berbagai syarat dan ketentuan. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum tahu atau mengabaikan peraturan ini. Akibatnya mereka tetap saja merugi walaupun sudah mengikuti program asuransi. Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, maka kenali berbagai kesalahan dan penyebab penolakan asuransi.

Penyebab Asuransi Sering Ditolak oleh Pihak Perusahaan

Agar asuransi bisa diproses dengan cepat dan bisa langsung diklaim, tentu Anda harus mencermati ketentuannya dengan baik. Selain itu mengenali beberapa penyebab penolakan juga dapat membantu Anda untuk mengantisipasi kejadian penolakan klaim. Beberapa penyebab ditolaknya klaim asuransi antara lain:

Pengajuan Klaim Melebihi Batas Waktu

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa klaim asuransi memiliki batas waktu. Akibatnya mereka baru mengajukan klaim setelah batas waktu terlampau jauh. Perlu diketahui bahwa umumnya batas waktu klaim asuransi kendaraan yaitu 3 x 24 jam, sedangkan untuk asuransi jiwa yaitu 30-60 hari.

Dokumen yang Tidak Lengkap

Penyebab lain klaim asuransi ditolak oleh pihak perusahaan adalah dokumen atau berkas yang tidak lengkap. Oleh karena itu sebelum mengajukan klaim, perhatikan dulu berkas dokumen apa saja yang harus dilengkapi. Jangan sampai Anda melewatkan satu berkas pun karena hal tersebut dapat menyebabkan klaim asuransi ditolak oleh perusahaan asuransi online.

Polis Asuransi Berada dalam Kondisi Tidak Aktif

Polis yang tidak aktif juga dapat menyebabkan klaim asuransi ditolak. Pada beberapa kondisi, ada suatu keadaan dimana polis berada dalam kondisi tidak aktif (lapse). Jika seperti itu tentu pihak perusahaan akan menolak klaim asuransi yang diajukan.

Agar proses penolakan klaim bisa dicegah, pastikan untuk mencermati kembali ketentuan yang diajukan oleh pihak perusahaan dan hindari hal-hal yang menyebabkan proses klain asuransi ditolak. Untuk mengetahui lebih jauh informasi seputar klaim asuransi, Anda juga bisa mengunjungi website https://id.tanamduit.com/. Semoga membantu! sumber : https://id.tanamduit.com/