4 Tips Memilih Pakan Burung Kicau yang Berkualitas

Pakan burung mempengaruhi kesehatan dan kualitas suara. Pakan yang salah dan abal-abal hanya akan membuat kesehatan burung menjadi terganggu, selain itu tidak bisa menghasilkan kualitas suara seperti yang diinginkan. Padahal untuk burung kicau kualitas suara ini sangat penting.  Salah satu pakan utama bagi burung kicau kecil maupun besar adalah voer. Voer sendiri teksturnya mirip pelet namun ukurannya lebih kecil dan panjang, jika pelet kebanyakan bentuknya adalah bulat.

Warna voer sendiri beraneka macam tergantung dengan jenis bahan pembuatannya. Berbeda dengan pelet untuk burung yang hanya terdiri satu atau dua warna saja. Misalnya untuk voer yang bahannya terbuat dari rumput laut warna voer akan hijau. Agar performa burung menjadi maksimal pilihlah yang sesuai dengan kondisi dan selera burung Anda. Jangan menjadikan selera burung kicau teman Anda sebagai patokan. Berikut ini adalah tips memilih pakan burung voer yang sangat penting untuk diperhatikan:

Voer Pabrikan

Untuk menghasilkan performa burung yang maksimal penting bagi Anda menggunakan voer pabrikan yang telah terkenal salah satunya adalah produk yang dikeluarkan oleh Japfa Comfeed Indonesia yang sudah lama bergerak dalam bidang pakan peternakan sehingga produk keluaran mereka tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Anda tidak perlu membelinya di pabrik atau perusahaannya secara langsung karena saat ini sudah ada distributor resmi sehingga Anda akan mendapatkan pakan yang benar-benar berkualitas dan asli lebih mudah.

Kemasan Voer yang Rapi

Cara memilih pakan selanjutnya adalah pilih yang kemasannya rapi. Dengan membeli pakan di tempat yang tepat Anda akan mendapatkan voer dengan kemasan yang rapi dan juga tidak kempis. Yang harus Anda tahu adalah bungkus voer kempis merupakan stok lama atau kedaluarsa yang kemudian tertumpuk dengan pakan yang lainnya. Hindari pula voer yang sobek atau berlubang dimana bisa membuat bakteri masuk ke dalamnya.

Warna Bagus

Tips memilih pakan burung selanjutnya adalah pilih yang warnanya bagus. Sebenarnya warna ini tidak dijadikan sebagai patokan utama namun hampir sebagian besar burung kicau cenderung lebih suka dengan voer warna cokelat, kuning, atau hijau. Warna voer lainnya pun kurang populer. Banyak yang meyakini bahwa di mata burung kicau, warna voer lainnya kurang menarik sehingga mereka hanya menyukai voer dengan warna yang itu-itu saja. Yang harus menjadi perhatian Anda adalah hindari memberikan voer dengan pakan yang terlalu mencolok karena bisa saja diberikan pewarna kimia yang justru berbahaya bagi burung kicau peliharaan Anda.

Periksa Tanggal Kedaluarsa

Pakan yang bagus adalah memiliki tanggal kedaluarsa dimana dengan tanggal tersebut Anda bisa tahu sampai kapan voer tersebut bisa diberikan. Tanpa adanya tanggal kedaluarsa ini akan menyebabkan Anda tidak tahu batas waktu pemberian pakan. Memberikan pakan yang kedaluarsa hanya akan menyebabkan burung kicau mengalami gangguan pencernaan.

Jangan asal dalam memilih dan memberikan makanan burung. Hal itu dikarenakan kualitas burung kicau yang Anda miliki saat ini sangat tergantung dengan kualitas pakan yang diberikan. Lakukan tips memilih pakan burung voer di atas untuk mendapatkan pakan terbaik.