Mood Artinya Apa ya ?

Mood Artinya Apa ya ? – Pernahkah anda mendengar istilah mood? Ya, mungkin sebagian besar dari anda sudah tidak asing lagi dengan kata mood. Bahkan hampir setiap hari kita mendengar atau pernah mengucapkan kata tersebut. Misal ada orang yang berkata “aku sedang tidak mood”. Lantas sebenarnya apa itu mood? Mari kita cari tahu bersama-sama.

Kata mood sebenarnya merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti suasana hati. Sedangkan definisinya, mood berarti suatu keadaan emosional yang memiliki sifat sementara sementara, bisa beberapa menit, jam, atau bahkan sampai hitungan minggu. Jadi wajar apabila ada orang yang mengatakan¬†“aku sedang tidak mood”, dan satu jam kemudian berubah jari riang.

Selain itu mood biasanya juga memiliki nilai kualitas positif dan negatif. Jangan heran apabila ada banyak orang hampir atau selalu membicarakan salah satu dari kualitas mood mereka, yaitu mood baik atau yang juga dikenal dengan istilah good mood, dan mood buruk atau yang juga dikenal dengan istilah bad mood.

Perlu kita ketahui bersama bahwa mood dapat mempengaruhi cara seseorang merespon suatu rangsangan. Misalnya, orang yang moodnya tertekan akan cenderung merespon negatif suatu rangsangan yang diberikan terhadapnya.Sebaliknya, orang yang moodnya senang akan cenderung merespon suatu rangsangan dengan semangat.

Sampai di sini tentunya anda sudah mulai paham tentang apa itu mood bukan? Tak sedikit orang yang bertanya-tanya lantas apa perbedaan antara mood dan emosi? Jika anda termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang penasaran akan hal tersebut, mari kita cari tahu jawabannya pada ulasan berikut.

Perbedaan Emosi dan Mood

Setelah tahu apa itu mood, mari kita cari tahu perbedaan mood dengan emosi. Meskipun banyak orang yang menganggap mood dan emosi adalah sesuatu yang sama, namun sebenarnya mood berbeda dengan emosi. Mood tidak harus disebabkan oleh sesuatu hal, seperti seseorang dapat merasakan emosi bahagia setelah menikah dengan orang yang dicintai atau menerima suatu hadiah.

Sedangkan mood merupakan tendensi untuk bereaksi terhadap rangsangan dari luar yang diterima oleh seseorang. Pada umumnya mood cenderung bertahan lebih lama dibandingkan dengan emosi, meskipun mood sendiri juga bisa berubah dalam hitungan menit. Intinya mood dan emosi memiliki kemiripan, akan tetapi dua hal tersebut adalah sesuatu yang berbeda.

Bicara soal mood tentunya akan sangat akrab juga dengan yang namanya kepribadian. Banyak orang yang mengatakan bahwa mood juga bisa dipengaruhi oleh kepribadian. Atau jangan-jangan mood dan kepribadian adalah sesuatu yang sama. Mari kita cari tahu lebih lengkap mengenai apa perbedaan antara mood dan juga kepribadian.

Perbedaaan Mood dan Kepribadian

Setelah tadi dibahas secara gamblang mengenai perbedaan mood dan emosi, mari kita bahas lebih lanjut mengenai perbedaan abtara mood dan kepribadian. Perlu diketahui bahwa mood berbeda dibanding dengan kepribadian. Kepribadian memiliki sifat lebih statis alias tidak banyak berubah. Sedangkan mood cenderung bersifat lebih dinamis alias berubah-ubah.

Meskipun kondisi mood dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama, namun kepribadian memiliki kecenderungan berlangsung lebih lama dibandingkan dengan mood. Tak hanya itu saja, mood dan kepribadian saling mempengaruhi satu sama lain. Orang yang memiliki kepribadian optimis akan lebih mudah menunjukkan good mood alias mood senang.

Sebaliknya, orang yang memiliki kepribadian pesimis akan lebih mudah menunjukkan bad mood alias mood tertekan. Itulah alasan mengapa banyak orang mengatakan bahwa kepribadian sedikit banyak berpengaruh terhadap mood seseorang. Berikut adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi mood seseorang.

Hal yang Dapat Mempengaruhi Mood

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa perubahan mood yang terjadi dalam diri seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya adalah pola istirahat alias tidur. Ya, tidur adalah salah satu faktor yang mempengaruhi mood. Orang yang kurang tidur akan lebih sering memiliki mood depresi atau mood yang tidak bagus. Makanan,

Selain itu obat-obatan serta faktor pola hidup juga dapat mempengaruhi mood mood seseorang. Beberapa studi menunjukkan fakta yang cukup unik, yakni pengambilan keputusan juga dipengaruhi oleh mood. Selain itu juga terdapat fakta menarik bahwa orang yang memiliki mood senang atau good mood akan lebih mudah dipengaruhi oleh iklan.

Baca juga : Tabel Angka Romawi dan Cara Penulisannya

Fakta Unik dan Menarik Seputar Mood

Berikut adalah beberapa fakta unik dan menarik lainnya mengenai mood yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Penasaran fakta apa sajakah itu? Tak perlu berbasa-basi lagi langsung saja silahkan simak baik-baik ulasan yang hendak kami bagikan berikut ini.

1. Mood Menular

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas Warwick, ditemukan hasil bahwa mood bersifat menular. Jika kita berada di lingkungan dengan orang-orang yang ceria di dalamnya, maka kita juga akan memiliki mood bagus. Sebaliknya jika kita berada di lingkungan dengan orang-orang yang murung, maka mood kita akan ikut terpengaruh.

2. Cuaca Mempengaruhi Mood

Mungkin sebagian dari anda juga merasa bahwa cuaca dapat mempengaruhi mood. Hal tersebut ternyata sudah dipublikasikan pada jurnal Psychological Science. Dalam studi tersebut dikatakan bahwa cuaca yang cerah akan menyebabkan mood seseorang menjadi baik. Sebaliknya cuara yang buruk akan mempengaruhi mood seseorang sehingga membuatnya jadi kurang bagus.

3. Coklat Memperbaiki Mood

Mungkin beberapa dari anda masih belum mengetahui bahwa makanan coklat memiliki khasiat yang luar biasa, yakni dapat memperbaiki mood yang kurang bagus. Coklat mengandung senyawa antioksidan dan senyawa lain yang terbukti dapat membuat mood orang yang memakannya jadi lebih baik.

4. Musik Mempengaruhi Mood

Selain cuaca, ternyata musik juga dapat mempengaruhi mood seseorang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas McGill, alunan musik terbukti dapat menghasilkan senyawa dopamin di otak yang terbukti mampu membangkitkan mood. Jadi jika mood anda sedang tidak baik, tidak ada salahnya untuk mendengarkan musik.

5. Olahraga Untuk Memperbaiki Mood

Fakta menarik yang terakhir adalah olahraga ternyata merupakan salah satu cara yang sangat ampuh untuk membangkitkan mood yang sedang buruk. Olahraga rutin setiap hari sangat berkhasiat tidak hanya bagi kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Olahraga juga terbukti mampu membuat seseorang jadi lebih percaya tadi.

Dari beberapa pemaparan informasi di atas, kini anda jadi lebih paham tentang apa itu mood. Dengan begitu jika mood anda sedang dalam kondisi yang kurang baik, coba atasi dengan beberapa tips yang sudah dipaparkan tadi. Dijamin mood anda akan kembali membaik.

Demikianlah tadi ulasan lengkap mengenai mood untuk menjawab pertanyaan Mood Artinya Apa ya ?, dan beberapa pertanyaan lain seputar mood. Semoga informasi yang kami share kali ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca semuanya. Silahkan share jikalau memang info kali ini dirasa bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak orang. Sampai jumpa.

Incoming search terms:

mood artinya,