Penyebab Sinyal Android Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sinyal Android Lemot dan Cara Mengatasinya – Tak bisa dipungkiri lagi bahwa kinerja smartphone Android akan sangat tergantung pada sinyal. Pasalnya jika sinyal lemot, maka aplikasi-aplikasi penting seperti WhatsApp, BBM, Line, Instagram, dan kawan-kawannya tentu tidak dapat digunakan.

Oleh karena itu tak sedikit pengguna Android yang merasa frustasi akibat sinyal lemot. Lantas sebenarnya apa yang menjadi penyebab sinyal di HP Android jadi lemot? Apakah karena HP Android itu sendiri atau karena ada faktor yang lain? Nah, jika anda ingin tahu jawabannya, silahkan simak baik-baik ulasan yang satu ini.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa membuat sinyal di Android jadi lemot. Selain karena faktor perangkat itu sendiri, juga bisa disebabkan oleh faktor luar seperti kualitas sinyal yang diterima HP sampai dengan kondisi cuaca. Berikut akan kami bahas satu per satu apa yang menjadi penyebab sinyal Android lemot.1. Kesalahan Settingan

Seperti yang kita tahu bahwa smartphone atau perangkat Android lain punya fitur untuk mengatur jenis sinyal yang dapat diterima oleh perangkat. Nah, kesalahan settingan juga bisa menyebabkan perangkat Android tidak bisa menerima sinyal tertentu dan alhasil Android jadi lemot. Karena itu silahkan ganti settingan dari WCDMA only atau jenis jaringan lain ke otomatis.

2. Free RAM Tinggal Sedikit

Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh HP Android, performanya juga akan semakin gesit. Oleh karena itu saat anda mengalami sinyal Android lemot, silahkan periksa seberapa banyak kapasitas free RAM atau aplikasi yang sedang berjalan. Untuk meningkatkan kapasitas free RAM Android, silahkan hapus daftar aplikasi yang tidak terpakai dari taks manager.

3. Kemasukan Malware

Malware alias virus juga bisa menjadi salah satu faktor mengapa sinyal HP Android jadi lemot. Ada beberapa jenis malware yang punya kemampuan merusak sistem di HP agar sulit menangkap sinyal. Oleh sebab itu tidak ada salahnya anda memasang antivirus di HP untuk menghindari serangan malware yang bisa menyebabkan sinyal di Android jadi lemot.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Android Tidak Ada Sinyal

4. Refresh Koneksi

Masalah sinyal HP Android yang lemot juga bisa terjadi akibat masalah sistem yang crash. Oleh karena itu silahkan refresh kembali koneksi internet yang anda gunakan. Jika anda menggunakan paket data, silahkan matikan paket data lalu nyalakan kembali, atau bisa juga dengan mengaktifkan airplane mode untuk beberapa saat, atau bisa juga dengan mereboot HP Android anda.

5. Sistem Operasi Rusak

Selain karena masalah system yang crash, lemotnya sinyal Android juga bisa karena ada kerusakan pada sistem operasi. Kerusakan tersebut biasanya terjadi karena ada file penting yang hilang atau terhapus. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik atau flash ulang dengan resiko data-data di memori internal akan hilang.

6. Penerima Sinyal Rusak

Perlu anda tahu bahwa dalam sebuah HP atau perangkat Android lain terdapat bagian atau komponen yang berfungsi untuk menangkap sinyal. Jika komponen atau bagian tersebut rusak, tentu Android akan kesulitan menangkap sinyal dengan baik. Jika hal tersebut terjadi pada HP anda, silahkan bawa ke service center terdekat untuk diperbaiki.

7. Traffic Terlalu Padat

Selain karena faktor perangkat itu sendiri, lemotnya sinyal HP Android juga bisa disebabkan karena operator. Biasanya jumlah pengguna operator yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan sinyal jadi lemot. Bayangkan saja source yang seharusnya dipakai oleh 10 orang, jika dipakai oleh 100 orang tentu akan banyak orang yang tidak kebagian.

8. Perawatan / Perbaikan Rutin

Setiap operator pasti melakukan perawatan dan perbaikan rutin untuk layanan yang mereka miliki. Biasanya saat operator melakukan perawatan atau perbaikan rutin, koneksi internet akan sedikit terganggu sehingga HP Android jadi lemot koneksinya. Solusi untuk masalah ini anda harus bersabar atau pindah menggunakan operator lain.

Baca juga : Cara Memperbaiki Sinyal HP Lemah

9. Faktor Cuaca Buruk

Salah satu faktor yang juga dapat menyebabkan sinyal HP Android jadi lemot adalah karena cuaca yang buruk. Seperti yang kita tahu bahwa koneksi internet di Android menggunakan sistem nirkabel alias wireless yang mudah terganggu saat cuaca buruk seperti badai, hujan lebat, atau bahkan angin puting beliung.

10. Tempat Tidak Terjangkau Sinyal

Satu lagi penyebab mengapa sinyal Android lemot adalah karena tempat atau lokasi pengguna yang belum tercover sinyal dengan baik. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah pindah ke tempat yang sudah tercover sinyal dengan baik atau menggunakan alat penguat sinyal yang banyak dijumpai di pasaran.

Itulah tadi beberapa penyebab sinyal Android lemot dan bagaimana cara mengatasinya. Sedikit tips dalam memilih operator selular, jangan tergiur iming-iming harga murah. Lihat pula bagaimana kualitasnya seperti jangkauan sinyal, kecepatan internet, dan paket-paket yang ditawarkan. Semoga bermanfaat dan silahkan share jika info ini bermanfaat.