9 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Selama Masa Pandemi

Pandemi masih belum usai, maka dari itu kita tetap harus waspada. Ada banyak cara meningkatkan imun tubuh, terlebih masa Pandemi agar tetap terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

Pandemi Covid-19 kerap kali membuat khawatir berlebihan dan akhirnya mempengaruhi sistem imun tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh menurun, maka tubuh juga akan rentan terserang penyakit.

Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk mengetahui cara meningkatkan imun tubuh.

Berbagai cara meningkatkan imun tubuh

Tips bagi Anda untuk meningkatkan imun tubuh selama Pandemi Covid-19 yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

  • Berolahraga dengan rutin

Untuk meningkatkan reaksi kekebalan tubuh dalam melawan virus dan infeksi, Anda bisa berolahraga secara rutin. Tidak perlu olahraga berat, Anda bisa memilih olahraga ringan dan mudah dilakukan, seperti jalan kaki, jogging, atau bersepeda di sekitar lingkungan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Jika tetap ingin di rumah, Anda bisa melakukan olahraga, seperti senam, stretching, atau yoga.

Pastikan Anda konsisten dalam berolahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3 hingga 3 kali seminggu.

  • Berjemur

Berjemur di bawah matahari pagi adalah salah satu cara meningkatkan imun tubuh. Dengan berjemur di bawah paparan sinar matahari pagi, Anda akan mendapatkan vitamin D.

Berjemurlah secara rutin 2-3 kali seminggu tiap pukulĀ  08.00-09.00 atau 11.00-13.00 untuk meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. Tidak perlu lama-lama, Anda cukup berjemur selama 10-15 menit per sesi.

  • Mengonsumsi makanan bergizi

Makan adalah kebutuhan pokok selama manusia hidup. Namun, jangan makan secara sembarangan. Pastikan makanan yang masuk ke tubuh adalah makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Dengan begitu, sistem imun tubuh juga akan meningkat.

Makanan sehat yang bisa Anda konsumsi adalah seperti sayuran, susu, seafood, keju, yoghurt, telur, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  • Beristirahat dengan cukup

Istirahat yang cukup memiliki kaitan erat dengan sistem imun dan dapat membantu tubuh tetap fit. Jika kurang tidur, tubuh malah rentan terkena penyakit.

Pastikan Anda tidur dengan cukup, yaitu sekitar 7 hingga 9 jam per hari. Untuk anak remaja, waktu tidur yang cukup adalah sekitar 8 hingga 10 jam per hari.

  • Kelola stres

Stres membuat tubuh memproduksi hormon kortisol secara berlebihan dan mampu menurunkan daya tahan tubuh. Stres juga bisa meningkatkan resiko terserang berbagai penyakit, maka dari itu waspadalah jika Anda sedang stres berat, depresi, dan terserang gangguan kecemasan.

Agar terhindar dari stres, Anda dapat melakukan kegiatan yang membuat suasana hati positif. Anda bisa melakukan perawatan diri, bertemu dengan kerabat, melakukan hobi, mengeluarkan unek-unek, berolahraga, dan sebagainya.

  • Rajin mencuci tangan

Selama masa pandemi, mencuci tangan masuk ke dalam salah satu protokol kesehatan. Mencuci tangan adalah langkah penting untuk melindungi diri dari penularan kuman dan virus penyebab penyakit. Maka dari itu, mencuci tangan dengan rutin bisa membantu menjaga sistem imun tubuh.

  • Menghindari rokok

Rokok memiliki ribuan zat beracun yang bisa menurunkan imun tubuh. Merokok dapat meningkatkan risiko infeksi paru seperti pneumonia dan bronkitis.

Tidak hanya rokok, asap nya pun bisa berbahaya bagi orang yang menghirupnya. Anda perlu menghindari rokok dan asap rokok untuk menjaga daya tahan tubuh.

  • Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Kebersihan diri dan lingkungan memiliki pengaruh besar bagi imun dan kesehatan tubuh. Mikroorganisme pada lingkungan Anda akan membentuk pola perkembangan respons kekebalan tubuh.

Jika diri dan lingkungan memiliki sanitasi yang buruk, maka peluang tumbuhnya beragam mikroorganisme juga meningkat. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan bisa membuat tubuh lebih jauh dari kuman dan penyebab infeksi.

  • Mengonsumsi suplemen

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Anda juga bisa mengiringinya dengan mengonsumsi suplemen untuk mendukung kerja sistem imun tubuh.

Ada banyak jenis suplemen yang beredar di pasaran. Namun, pilihlah suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Beberapa suplemen yang baik untuk daya tahan tubuh adalah seperti vitamin C, echinacea, dan spirulina.

Echinacea memiliki senyawa polisakarida dan glikoprotein yang mampu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh untuk melawan infeksi.

Itu tadi sembilan cara meningkatkan imun tubuh selama masa pandemi. Pastikan Anda juga menerapkan protokol kesehatan agar tetap terhindar dari penyebaran virus Covid-19, ya.