Apa Singkatan dari ICU, Ini Jenis-Jenis Ruangan ICU

ICU adalah ruangan khusus untuk pasien dengan penyakit kompleks dan butuh penanganan medis yang serius. Berbagai alat kesehatan dan juga tenaga medisnua pun biasanya khusus. Apakah Anda juga tahu singkatan dari ICU ? Ruang intensif ternyata memiliki banyak macam dan menerima pasien dengan usia dan penyakit spesifik. Ada ruang intensif yang melayani penyakit jantung, khusus bayi, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Ruang ICU

Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa jenis ruang intensif di rumah sakit yang kami kutip dari berbagai referensi.

Intensive Care Unit

ICU adalah ruang yang dikhususkan bagi pasien kritis yang memerlukan penanganan khusus dan pemantau terus menerus. ICU ditangani oleh para dokter yang punya kuasa mengambil tindakan kritis yang didukung dengan alat fungsi organ tubuh atu life support.

Pasien yang ditaruh di ruang ICU hampir dipastikan pasien yang memiliki luka parah dan luka besar, luka bakar akut, gagal nafas, pasien selesai transplantasi organ, operasi kardiotoraks, dan juga tulang punggung kompleks. Adapun bagian pasien yang tidak sakit parah, dibutuhkan izin dari dokter untuk bisa dirawat di ruang ICU.

High Care Unit (HCU)

Pelayanan HCU berada di bawah naungan ICU. Sebelum kembali ke ruang inap, biasanya pasien yang dari ICU dikitm ke HCU terlebih dahulu. HCU diperuntukkan bagi pasien yang telah mengalami peningkatan di ICU, namun belum dapat dipindah ke ruang inap karena msih memerlukan pemantauan medis.

Dengan hadirnya HCU, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas layanan ICU bagi pasien. Pasien HCU memiliki kondisi respirasi, hemodinamik, dan juga kesadaran yang stabil.

Intensive Coronary Care Unit (ICCU)

Sebetulnya ICCU sama dengan ICU, hanya saja lebih spesifik untuk pasien yang menderita gangguan jantung. Serangan jantung, jantung koroner, gangguan irama jantung berat, dan gagal jantung menjadi wilayah ICCU untuk menangani.

Di beberapa rumah sakit, ICCU merupakan tempat sentral pelayanan jantung dan pembuluh darah. Ruang ini diprioritaskan untuk pasien yang mengidap penyakit komplikasi kardiovaskuler dengan kondisi yang tidak stabil, sehingga butuh perhatian dan penanganan ekstra dari tenaga medis.

Neonatal Intensive Care Unit (NICU)

NICU diperuntukkan bagi bayi baru lahir yang mengalami kondisi kurang baik. NICU melayani perawatan pasien bayi prematur yang lahir antara 23 minggu hingga lahir normal 40 minggu. Adapun jika bayi mengalami sakit setelah keluar dari fasilitas layanan kesehatan, biasanya tidak akan diterima sebagai pasien NICU.

Hal ini bukan tanpa alasan, pihak rumah sakit khawatir bayi yang sedang dalam kondisi tidak baik tersebut dapat memengaruhi kondisi pasien lain. Dalam hal ini, biasanya rumah sakit akan mengirimkan bayi tersebut ke layanan Pediatic Intensive Care Unit.

Pediatic Intensive Care Unit (PICU)

Pelayanan ini diperuntukkan bagi bayi yang ditolak oleh NICU karena alasan tertentu. Selain itu, fasilitas ini juga melayani anak hingga usia 18 tahun atau bergantung pada kebijakan yang dimiliki oleh setiap rumah sakit.

PICU adalah pelayanan transisi dari anak-anak menuju dewasa. Dalam beberapa kasus, masalah usia sudah tidak menjadi pertimbangan lagi ketika anak menderita penyakit kronis atau berkebutuhan khusus.

Anak yang sudah mencapai usia 20 tahun, namun dalam hal ini baru dioperasi karena mengalami gangguan jantung bawaan, tempat pelayanannya adalah di PICU. Beberapa dokter tidak keberatan untuk mengirim pasien hasil operasi ke PICU, namun beberapa dokter juga lebih memilih mengirim ke ruang intensive dewasa atau ruang inap.

Itulah ulasan mengenai Jenis-jenis ruang ICU di rumah sakit. Semoga bermanfaat!