Gigi Geraham Bungsu Tumbuh, Ini Masalah dan Solusinya

Gigi geraham bungsu tumbuh pada usia antara 18 sampai 20 tahun. Sebenarnya tidak semua orang mempunyai gigi geraham bungsu, namun sebagian besar orang mempunyai gigi tersebut dan tumbuh saat dewasa.

Gigi geraham bungsu merupakan salah satu jenis gigi yang dimiliki setiap orang dan biasanya gigi tersebut akan tumbuh jika semua gigi sudah tumbuh secara permanen.

Lalu seperti apa sih masalahnya jika gigi geraham bungsu itu akan tumbuh? Yuuuk akan kami bahasa mengenai Gigi Geraham Bungsu Tumbuh dan Solusinya:

Masalah yang Sering Muncul Jika Gigi Geraham Bungsu Tumbuh

  1. Menyebabkan Nyeri

Masalah yang pertama yaitu bisa menyebabkan nyeri atau rasa sakit. Kenapa itu bisa terjadi? Bukan tanpa alasan, karena rasa nyeri tersebut ditimbulkan karena pada tatanan gusi rahang sudah tetap dan tidak ada tempat lagi untuk tumbuhnya gigi geraham bungsu.

Seperti yang kita tahu bahwa biasanya gigi terakhir yang muncul itu pada orang yang berusia 12 tahun. Jadi rasa nyeri atau sakit ketika gigi tersebut tumbuh merupakan hal yang wajar.

  1. Impaksi Geraham Bungsu

Masalah yang kedua yaitu impaksi atau suatu kondisi yang tidak normal. Impaksi ini biasanya akan terjadi jika gigi geraham bungsu tumbuh. Jika impaksi terjadi, tentunya akan mengakibatkan rasa nyeri.

  1. Gigi Geraham Bungsu Patah

Masalah yang ketiga yaitu gigi geraham bungsu patah. Kejadian seperti itu, tentunya sudah sering terjadi seperti halnya gigi – gigi lainya. Karena tempat untuk tumbuh tidak mencukupi untuk pertumbuhan gigi baru dna bisa berakibat patahnya gigi tersebut.

Selain itu, kurangnya menjaga kesehatan gigi juga akan bisa berakibat ekropos atau patahnya gigi tersebut. Terlebih lagi gigi geraham bungsu ada di paling dalam yang mana ketika menyikat gigi sulit tersentuh.

Lalu seperti apa solusi yang harus dilakukan agar masalah-masalah etrsebut bisa teratasi dengan baik. Nah berikut beberapa Solusi Gigi Geraham Bungsu Tumbuh yang bisa Anda lakukan.

Perlu Anda ketahui bahwa cara yang paling tepat dan benar untuk mengatasi untuk mendapatkan solusi ketika gigi geraham Anda tumbuh yaitu dengan cara berkonsultasi dengan dokter gigi.

Nah jika Anda merasakan nyeri atau sakit dan terjadi impaksi pada gigi geraham bungsu yang baru tumbuh biasanya dokter gigi akan mencabut atau menyambung gigi tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa mencabut gigi geraham bungsu tidak semudah seperti gigi yang lainya.

Oleh sebab itu, butuh keahlian khusus seperti dokter gigi yang harus menangani masalah tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadis ebaiknya konsultasikanlah permasalahan yang Anda alami secara detail kepada dokter gigi pilihan Anda.

Semoga artikel ini yang membahas Gigi Geraham Bungsu Tumbuh. Semoga bermanfaat bagi Anda.