Ini Dia 5 Metode Pembayaran untuk Bisnis Online

Apa hal yang identik dengan masyarakat modern? Brand mewah? Konsumtif? Atau kemudahan akses informasi? Yang pasti, masyarakat modern selalu mencari cara tercepat untuk menyelesaikan apa yang diperlukannya, termasuk pada metode pembayaran transaksi. Selain hemat waktu, metode pembayaran yang cepat dan efektif juga meningkatkan kenyamanan transaksi, sehingga setiap pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut bisa mendapatkan manfaat optimal.

Dalam dunia modern sendiri, metode pembayaran yang tersedia kini semakin canggih. Tentu saja, bersamaan dengan itu proteksi pada data-data sensitif juga terus ditingkatkan agar transaksi berjalan aman. Layanan payment gateway, menjadi kunci mudahnya metode pembayaran online yang kini banyak diminati.

Namun sebenarnya secara praktis, apa saja jenis metode pembayaran yang populer dan digunakan untuk bisnis kekinian saat ini yang serba online?

1.  Transfer Bank, Langsung atau Virtual Account

Sumber : freepik.com

Mungkin metode pembayaran online yang sudah cukup lama digunakan dan masih awet hingga saat ini adalah transfer bank. Metode ini pada dasarnya melakukan transaksi dengan transfer dana antar rekening bank, antara penjual dan pembeli. Awalnya transaksi ini dilakukan secara langsung, namun untuk meningkatkan proteksi pada kedua pihak, ada modifikasi yang digunakan.

Yang awam adalah dengan memanfaatkan rekening bersama. Rekening bersama adalah rekening pihak ketiga, yang sama-sama dipercaya dan memiliki kredibilitas. Jadi dana ditransfer ke rekening bersama ini, kemudian barang akan dikirimkan. Setelah dikonfirmasi oleh pembeli, maka dana akan diteruskan pada pihak penjual. Biasanya terdapat sejumlah tarif yang dikenakan untuk setiap transaksi.

Modifikasi selanjutnya adalah penggunaan virtual account untuk keperluan pembayaran. Nomor akun virtual ini dihasilkan oleh satu sistem, yang bisa digunakan untuk satu kali pembayaran atau berulang. Akun virtual ini ketika dimasukkan ke tujuan transfer, secara langsung akan memberikan detail informasi mengenai total yang perlu dibayarkan. Jadi pembeli tinggal mengkonfirmasinya saja tanpa harus repot memasukkan detail tagihan.

2.  Metode Pembayaran dengan Kartu Kredit

Pembayaran dengan kartu kredit juga merupakan metode pembayaran yang awam digunakan pada berbagai jenis bisnis. Pada dasarnya, penggunaan kartu kredit ini menerapkan sistem hutang, dimana pemilik kartu kredit akan meminta pihak penerbit kartu kredit membayarkan tagihan yang muncul akibat transaksi.

Jumlah seluruh tagihan akan ditotal, dan harus dilunasi pada periode waktu tertentu. Maka dari itu, pemegang kartu kredit biasanya seorang yang memiliki penghasilan cukup besar untuk menutup semua tagihan yang ada di akhir bulan. Pembayaran dengan kartu kredit tergolong sangat mudah, karena hanya perlu menggesekkan atau memasukkan nomor kartu kredit, kemudian melakukan konfirmasi dengan PIN atau kode yang telah disepakati.

Setiap transaksi akan memberikan poin tertentu pada pemegang kartu kredit, dan bisa ditukarkan untuk berbagai benefit. Meski menggunakan sistem seperti ini, uang yang masuk ke rekening penjual tetap bisa dilihat langsung, karena urusan pembayaran tagihan adalah urusan pemegang kartu dan penerbit kartu.

3.  Memanfaatkan Teknologi Terkini, E-Money

Sumber : freepik.com

Hampir setiap pemilik smartphone kini memiliki dompet digital di dalam perangkatnya. Tak hanya memudahkan transaksi yang dilakukan, saldo dalam dompet digital ini juga bisa digunakan untuk keperluan banyak hal. Menjadi salah satu metode pembayaran paling populer saat ini, banyak sekali vendor dan perusahaan yang kemudian menerbitkan layanan ini.

Sebenarnya metode pembayaran dengan e-money ini sederhana saja. Anda memiliki satu akun, kemudian diisi saldo, dan digunakan untuk membayar saat melakukan transaksi. Hanya saja karena banyaknya penyedia layanan e-wallet saat ini, merchant dan bisnis juga dituntut lebih adaptif untuk bisa menyediakan pembayaran mudah bagi setiap produk e-wallet yang tersedia.

Setidaknya, pemilik bisnis wajib menyediakan pembayaran dengan e-wallet yang paling banyak digunakan saat ini. Atau simply bisa bekerja sama dengan payment gateway, untuk mengelola pembayaran online seperti ini.

4.  Metode Pembayaran Online to Offline, Sudah Pernah Mendengarnya?

Sebenarnya metode pembayaran ini juga sudah cukup lama diterapkan di Indonesia. Namun, penggunanya secara spesifik adalah masyarakat yang tidak memiliki akses pada e-money, atau metode lain secara optimal

Sederhananya, transaksi dilakukan secara online, kemudian pembeli membayarkan tagihan melalui merchant yang sudah bekerjasama dengan penjual sebagai jalur pembayaran. Merchant ini akan melihat kode pembayaran, melakukan pemindaian, dan mengkonfirmasi pembayaran tersebut pada penjual dan pembeli. Nantinya dana akan ditransfer kepada penjual, dan status pembayaran transaksi sudah selesai. Pembeli tinggal menunggu barang sampai saja.

Sederhana dan praktis bukan?

5.  Pembayaran dengan Kartu Debit

Sumber : freepik.com

Yap, metode pembayaran terakhir dalam daftar ini adalah dengan menggunakan kartu debit. Berbeda dengan kartu kredit yang menggunakan batasan ‘hutang’ tertentu, kartu debit secara langsung menggunakan saldo yang Anda miliki di rekening bank Anda. Nantinya saldo akan berkurang sesuai dengan tagihan, dan terkadang ditambahkan biaya admin, dan transaksi bisa diselesaikan.

 

5 metode pembayaran di atas, menjadi cara yang paling sering digunakan saat ini di bisnis online. Beberapa cara lain sebenarnya juga digunakan, seperti penggunaan Bitcoin atau sejenisnya, namun di Indonesia hal ini tidak diterapkan karena tidak mendapatkan izin dari Bank Indonesia.

Layanan payment gateway yang bisa mengakomodir setiap metode pembayaran tersebut adalah Jokul by DOKU. Dengan sistem yang matang dan rapi, Jokul tak hanya akan membantu pengelolaan pembayaran namun juga pembukuan atas setiap transaksi yang terjadi, sehingga proses pemindahan ke buku besar bisa berlangsung lebih cepat. Segera gunakan Jokul untuk bisnis Anda, dan nikmati setiap kemudahannya!