Mengenal Bellyra Dan Marchingbell

Pada suatu set pertunjukan drumband atau marchingband terdapat beberapa instrument musik yang dimainkan antara lain alat musik perkusi, alat musik tiup dan alat musik pit. Pada alat musik pit biasanya alat yang digunakan yaitu bellyra atau marchingbell. Bellyra dan marchingbell dimainkan untuk mengisi suara melodi dalam sebuah pertunjukan drumband dan marchingband.

Kedua instrument ini terbuat dari batangan logam alumunium dan cara memainkannya dengan dipukul menggunakan mallet plastic yang memiliki ujung bulat.  Saat dipukul, batangan alumunium akan mengeluarkan nada yang sesuai dengan urutan notnya. Karena bentuk dan fungsinya hampir sama, kali ini kami akan menjelaskan mengenai perbedaan bellyra dan marchingbell.

  • Bellyra

Bellyra dibawa dengan menggunakan sabuk yang dikaitkan di badan, tangan kiri memegang bellyra dan tangan kanan memegang pemukul bellyra. Bellyra dibawa dalam posisi vertical agak miring. Dilihat dari bentuknya, bellyra memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bunga tulip. Kerangka bellyra biasanya dibuat menggunakan alumunium atau besi.

  • Marchingbell

Berbeda dengan bellyra, marchingbell dibawa menggunakan harness yang dicangklongkan ke pundak. Marchingbell dibawa dengan posisi horizontal. Berbeda dengan bellyra yang hanya menggunakan satu stik, marchingbell biasanya dimainkan dengan menggunakan dua stik. Untuk harness marchingbell ada 3 jenis yaitu harness besi, harness fyber dan harness airframe. Marchingbell memiliki kerangka yang dibuat menggunakan kayu yang dilapisi cat hitam, sedangkan baloknya terbuat dari bilah bila alumunium sama seperti bellyra.

Dari ringkasan diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan keduanya terletak pada cara pembawaanya dan bentuk alat masing-masing. Yang pasti keduanya memiliki peran penting dalam sebuah penampilan drumband. para pembawa marchingbell maupun bellyra dituntut tidak hanya memainkan lagu dengan harmonis tapi juga dituntut untuk menjaga keseimbangan alat tersebut karena alat tersebut dimainkan sambil berjalan.

Selain itu barisan pengisi suara melodis ini juga harus mampu mengikuti koreografi yang sedang dimainkan. Sehingga permainan ballyra atau marchingbell juga gerakan tubuh seperti perpindahan posisi dan lain sebagainya juga harus diperhatikan. Karena dalam sebuah pertunjukan drumband maupun marchingband semua pemain alat musik harus mampu bekerja seimbang antara membawakan instrument alat musik dan permainan koreografi. Hal ini dimaksudkan agar dapat menyajikan pertunjukan yang padu dan selaras. Dengan begitu unit drumband memberikan pertunjukan yang maksimal dan penonton dapat menikmati alunan musik serta tampilan visual yang apik dalam pertunjukan.

Jika anda mencari alat bellyra maupun toko yang Jual marchingband, anda bisa mendapatkanya di pabrik drumband. Pabrik drumband yang jual alat drumband terlengkap dan termurah. kami menyediakan marchingbell dan bellyra dengan ukuran yang bervariasi sesuai dengan tingkatan ukuran mulai dari TK 16 keys, SD 27 keys, dan SMA 30 keys. Sebelum order anda dapat melihat informasi mengenai spesifikasi, katalog, serta daftar harga alat drumband nya terlebih dahulu.