Perbedaan RTGS, Kliring, dan Real Time

Sebagian dari anda sudah tentu pernah melakukan transfer via bank bukan? Tapi kalian tau gak sih ternyata ada beberapa jenis transfer uang yang dibagi menjadi 3 taitu kliring, real time dan RTGS. Nah pada kesempatan ini kita akan membahas ketiga-tiganya.

Transfer uang sudah menjadi sebuah hal yang sangat lumrah, pasalnya aktivitas transfer uang hampir dilakukan setiap harinya. Ditambah lagi transfer uang saat ini sudah semakin mudah, anda bisa melakukan transfer uang kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang pada bank bersangkutan.

Aktivitas transfer serta menerima uang pastinya sangat erat kaitannya dengan anda sebagai pebisnis online. Namun sayangnya kerap kali para pebisnis online mempunyai masalah terhadap pengecekan pembayaran pada saat melakukan proses orderan. Salah satu contohnya adalah ketika si pembeli sudah berhasil melakukan pembayaran namun uang pembayaran yang ditransfer belum masuk pada rekening anda.

Perbedaan RTGS, Kliring, dan Real Time

Melihat hal tersebut pastinya membuat penjual dan juga pembeli merasa kebingungan. Hal ini biasanya terjadi pada saat si pembeli melakukan transfer dengan beda bank. Belum lagi jika pembeli melakukan transfer dengan cara kliring atau yang membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 hari jam kerja uang transfer baru bisa masuk.

Jika anda menggunakan mobile banking atau internet banking maka anda tidak perlu bingung jika hendak melakukan transfer online real time. Dengan cara tersebut maka uang yang telah ditransfer akan diterima oleh rekening pada saat itu juga atau real time.

Sebenarnya ada beberapa jenis transfer uang di bank seperti kliring, real time dan juga RTGS. Apakah anda sudah mengetahuinya? jika belum maka artikel ini sangat tepat untuk anda, karena pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang perbedaan RTGS, kliring dan juga real time.

RTGS atau Real Time Gross Settlement

TRGS merupakan salah satu layanakan transfer yang yang sering digunakan untuk melakukan transaksi pengiriman uang dengan nominal yang besar. Jika anda ingin menggunakan RTGS ini, maka uang yang anda kirim harus minimal Rp. 100 juta. Dan untuk prosesnya sendiri sekitar 4 jam baru bisa masuk pada rekening si  penerima.

Kliring

Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia atau SKNBI adalah sebuah insfrastruktur yang telah digunakan oleh bank BI pada saat transfer dana, dan kliring yang berjadwal bisa untuk memproses data keuangan elektronik atau DKE.

Kliring juga bisa diartikan sebagai kesepatakan antar lembaga keuangan tentang utang piutang dalam suatu transaksi keuangan. Pada saat ini ada 5 waktu atau 2 jam sekali pada jam kerja untuk melakukan pemrosesan kliring Bank Indonesia.

Jadi uang yang anda kirim melalui kliring tidak akan bisa langsung diterima oleh rekening tujuan. Dan untuk menggunakan model transfer kliring ini pastinya juga ada biayanya, biaya tersebut akan dikenakan pada pengirim uang dengan nominal sebesar Rp. 5 ribu setiap kali melakukan transaksi.

Real Time

Real Time adalah salah satu sistem transfer uang yang lumayan cepat dalam dunia perbankan. Jika anda memilih melakukan transfer uang dengan menggunakan sisten real time ini, maka uang yang anda transfer akan masuk pada rekening si penerima pada saat itu juga. Sistem real time ini yang paling umum digunakan untuk mereka yang mempunyai bisnis online.

Perbedaan TRGS, Kliring dan Real Time tersebut terletak pada kecepatan proses pengiriman uangnya. TRGS dan kliring membutuhkan waktu yang lumayan lama, sedangkan Real Time bisa diproses pada saat itu juga.