Petunjuk Penggunaan Mesin Cuci yang Wajib Diketahui

Petunjuk penggunaan mesin cuci – Mesin cuci, bukanlah sebuah alat yang baru lagi dalam kahidupan kita. Kehadirannya sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Sejak adanya mesin cuci, pekerjaan kita menjadi terasa lebih ringan.  Karena yang dulunya mencuci harus dikucek dan pastinya tidak bisa ditinggalkan, dengan mesin cuci tinggal memencet tombol dan ditinggal sudah bisa bersih sendiri.

Petunjuk Penggunaan Mesin Cuci yang Wajib Diketahui

Mesin cuci sendiri juga mempunyai banyak merk dan banyak pilihan kapasitas.  Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan anda, dan pastinya juga berdasarkan budget yang anda miliki. Namun agar tetap bisa bekerja secara optimal, pastilah anda juga melakukan perawatan terhadapnya, mulai dari sering membersihkannya dan tidak menggunakannya secara terus menerus. Dalam artian memberikan waktu untuk mesin cuci istirahat.

Untuk anda yang sudah mempunyai atau terbiasanya menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian anda, pastinya sudah tidak merasa kebingungan lagi dengan bagaimana cara mengoperasikannya. Akan tetapi untuk sebagian orang yang masih baru pertama kali mempunyai mesin cuci pastinya butuh petunjuk untuk mengoperasikannya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan informasi tentang petunjuk penggunaan mesin cuci untuk anda semua. Langsung saja silahkan anda simak pada uraian dibawah ini.

Petunjuk Penggunaan Mesin Cuci

  • Pastikan anda memisahkan pakaian berwarna putih dengan pakaian yang berwarna, terutama untuk pakaian yang sangat mudah luntur.
  • Untuk takaran detergen yang sesuai, pastikan anda membaca pada kemasan detergen. Jangan sampai anda mengambil detergen melebihi takaran yang dianjurkan agar bisa bekerja dengan optimal.
  • Hindari memasukkan baju terlalu banyak kedalam mesin cuci. Pastikan anda memasukkan bajusesuai dengan kapasitas mesin cuci anda.

Cara Menjalankan Mesin Cuci

  • Untuk cara menjalankan mesin cuci yang pertama adalah pastikan mesin cuci anda mempunyai sumber air yang bisa digunakan untuk mencuci.
  • Selanjutnya, silahkan anda hubungan mesin dengan sumber listrik yang tersedia, dan pastikan tidak membiarkan kabel listrik berserakan demi menjaga keselamatan.
  • Langkah berikutnya, silahkan anda masukkan pakaian yang hendak di cuci kedalam tabung mesin sesuai dengan kapasitasnya. Dan tuangkan detergen sesuai dengan takarannya. Tutup pintu mesin cuci, silahkan anda tekan tombol start dan tunggu hingga proses mencuci selesai.

Cara Merawat Mesin Cuci

Seperti yang sempat kami singgung diatas, agar mesin cuci yang anda miliki awet, maka pastikan anda selalu merawatnya. Berikut ini langkat-langkahnya.

  • Silahkan bersihkan dengan lap pada bagian pintu, sisi-sisi mesin dan bagian-bagian yang lainnya yang terkena air selama proses mencuci berlangsung.
  • Biarkan pintu mesin cuci terbuka selama mesin tidak digunakan, dengan tujuan agar sirkulasi udara bisa lancar dan mencegah munculnya jamur pada bagian pintu dan tabung.
  • Pastikan kabel atau selang mesin cuci tidak terlipat.

Nah, itulah beberpa petunjuk penggunaan mesin cuci yang perlu anda ketahui, terlebih lagi jika anda baru saja menggunakan mesin cuci.